Skip to main content

Teknik Cara Pembuatan Animasi Komputer


Ada banyak cara dan software yang mendukung untuk membuat aimasi komputer. Namun saat ini kita mulai dari yang paling dasar dan sederhana di mana hamper semua orang bisa membuatnya. Yaitu animasi GIF. Berikut ini adalah cara membuat animasi komputer secara sederhana menggunakan sebuah software freeware yaitu GIMP. Kita akan membuat sebuah animasi GIF. animasi GIF berada di balik banyak animasi sederhana yang akan Anda lihat di banyak halaman web dan, sementara mereka jauh kurang canggih dari animasi Flash, namun animasi GIF sangat mudah untuk dibuat oleh siapa saja dengan pemahaman dasar GIMP.
Langkah-langkah berikut menunjukkan Banner web animasi berukuran sederhana dengan menggunakan beberapa grafis dasar, beberapa teks dan logo.

Langkah 1, membuat dokumen baru

Dalam contoh ini, akan menggunakan GIMP untuk menghasilkan animasi GIF banner web yang sangat dasar. kita pilih template yang telah ditetapkan dari Web Banner 468x60 umum. Untuk animasi, Anda dapat memilih ukuran standar atau mengatur dimensi custom tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan animasi akhir Anda .



Langkah 2, Set  frame 1

Kita mulai animasi dengan ruang kosong sehingga kita tidak membuat perubahan apapun pada layer Background yang sebenarnya yang sudah putih polos.
          Namun kita perlu membuat perubahan ke nama layer di palet Layers. Klik kanan pada layer Background di palet dan pilih Edit Layer Atribut. Dalam dialog Edit Layer Atribut yang terbuka, kita tambahkan (250ms) di akhir nama layer. Ini mengatur jumlah waktu yang frame ini akan ditampilkan dalam animasi. Ms singkatan mili second dan setiap milidetik adalah seperseribu detik. Frame pertama ini akan menampilkan untuk seperempat detik.


Langkah 3, Set Frame 2

Saya ingin menggunakan grafis/ gambar foot print (nantinya anda bisa menggunakan grafik apapun)  untuk frame ini jadi kita masuk ke File> Open as Layers dan pilih file grafik foot print tersebut . Ini menempatkan Footprint pada layer baru yang dapat saya posisikan sesuai kebutuhan dengan menggunakan Move Tool. Seperti dengan layer background, saya harus mengubah nama layer untuk menetapkan waktu tampilan untuk framenya.    Dalam hal ini penulis telah memilih 750ms.
       Catatan: dalam Layers pelette, layer preview yang baru muncul untuk menunjukkan background hitam sekitar grafik, tetapi dalam kenyataannya daerah ini sebenarnya transparan.





Langkah 4,Set frame 3, 4 dan 5

Tiga frame berikutnya banyak lagi jejak kaki yang akan berjalan di banner. Ini dimasukkan dengan cara yang sama seperti frame dua, menggunakan grafis/ gambar yang sama dan grafis/ gambar lain untuk kaki yang lain. Seperti sebelum waktu ditetapkan sebagai 750ms untuk setiap frame.
Masing-masing layer Footprint memerlukan latar belakang putih sehingga hanya satu frame yang akan terlihat - saat ini masing-masing memiliki latar belakang transparan. kita bisa melakukan ini dengan membuat layer baru langsung di bawah layer Footprint, mengisi new layer dengan warna putih dan kemudian mengklik tepat pada layer Footprint dan klik Merge Down.




Langkah 5, Set frame 6
Frame ini hanya frame kosong yang diisi dengan warna putih yang akan memberikan tampilan footprint final menghilang sebelum frame akhir muncul. kita namakan layer ini Interval dan telah memilih kita set display ini hanya 250ms. Anda tidak perlu nama layer, tetapi bisa mempremudah pekerjaan kita





Langkah 6, Setting frame 7
Sebelum menyimpan animasi GIF, GIMP memiliki pilihan untuk melakukan preview dengan masuk ke Filter> Animation> Playback. Ini akan membuka dialog Preview dengan tombol self explainatory untuk memutar animasi.
Jika ada sesuatu yang tidak beres, dapat diubah pada  titik ini. Jika tidak dapat disimpan sebagai sebuah animasi GIF.


Langkah 7, Menyimpan animasi GIF
Menyimpan sebuah animasi GIF adalah latihan ke depan cukup lurus. Pertama pergi ke File> Save a Copy dan memberikan file nama yang relevan dan pilih di mana Anda ingin menyimpan file Anda. Sebelum menekan Save, klik Select File Type (Dengan Ekstensi) ke arah kiri bawah dan, dari daftar yang terbuka, pilih GIF image. Dalam dialog Export file yang terbuka, klik radio button Save as Animation dan klik tombol Export. Jika Anda mendapatkan peringatan tentang layer extending beyond the actual borders of the image, klik tombol Crop.


Comments

Popular posts from this blog

Komponen – komponen Storyboard

Pada umumnya penulisan storyboard dan storyline sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat :  • Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa  • Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa  • Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu) Dengan Storyboard tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat. Sehingga dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat atau tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera. Untuk itu terdapat kaidah yang harus ada dalam pembuatan storyboard. Format dan susunananya bisa disesuaikan oleh masing – masing storyboarder. Komponen – komponen penyusun storyboard yang harus ada pada template

Pengertian dan cara kerja Masking

1. Pengertian Masking Mask merupakan fasilitas di flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita kehendaki. Di samping motion tween, mask merupakan tehnik yang harus dikuasai. Karena di dalam pengembangannya nanti kita akan dapat membuat animasi yang menarik dari variasi mask. Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi. Mask artinya adalah penutup mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk menutupi suatu layer. Mask dapat diterapkan kepada suatu layer dan layer yang sudah dikenai mask bisa berfungsi untuk menutupi layer dibawahnya. Prinsip kerja dari Animasi Mask adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang terbuka. Fungsi Masking dalam Animasi : sama seperti fungsi topeng dalam arti yang sebenarnya; digunakan untuk menutupi bagian-bagian objek yang ingin ditutupi dan hebatnya ya

Follow Through And Overlapping Action

Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.   Konsep dari Follow Through Action adalah bahwa benda-benda yang saling berhubungan, tidak pernah bergerak bersamaan. Ketika ada 1 benda yang menjadi 'lead' (benda utama yang bergerak), maka semua benda-benda yang tersambung dengan benda 'lead' ini akan ikut bergerak tapi tidak secara bersamaan.  Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan bisa termasuk didalamnya.