Skip to main content

Teknik Cara Pembuatan Animasi Komputer


Ada banyak cara dan software yang mendukung untuk membuat aimasi komputer. Namun saat ini kita mulai dari yang paling dasar dan sederhana di mana hamper semua orang bisa membuatnya. Yaitu animasi GIF. Berikut ini adalah cara membuat animasi komputer secara sederhana menggunakan sebuah software freeware yaitu GIMP. Kita akan membuat sebuah animasi GIF. animasi GIF berada di balik banyak animasi sederhana yang akan Anda lihat di banyak halaman web dan, sementara mereka jauh kurang canggih dari animasi Flash, namun animasi GIF sangat mudah untuk dibuat oleh siapa saja dengan pemahaman dasar GIMP.
Langkah-langkah berikut menunjukkan Banner web animasi berukuran sederhana dengan menggunakan beberapa grafis dasar, beberapa teks dan logo.

Langkah 1, membuat dokumen baru

Dalam contoh ini, akan menggunakan GIMP untuk menghasilkan animasi GIF banner web yang sangat dasar. kita pilih template yang telah ditetapkan dari Web Banner 468x60 umum. Untuk animasi, Anda dapat memilih ukuran standar atau mengatur dimensi custom tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan animasi akhir Anda .



Langkah 2, Set  frame 1

Kita mulai animasi dengan ruang kosong sehingga kita tidak membuat perubahan apapun pada layer Background yang sebenarnya yang sudah putih polos.
          Namun kita perlu membuat perubahan ke nama layer di palet Layers. Klik kanan pada layer Background di palet dan pilih Edit Layer Atribut. Dalam dialog Edit Layer Atribut yang terbuka, kita tambahkan (250ms) di akhir nama layer. Ini mengatur jumlah waktu yang frame ini akan ditampilkan dalam animasi. Ms singkatan mili second dan setiap milidetik adalah seperseribu detik. Frame pertama ini akan menampilkan untuk seperempat detik.


Langkah 3, Set Frame 2

Saya ingin menggunakan grafis/ gambar foot print (nantinya anda bisa menggunakan grafik apapun)  untuk frame ini jadi kita masuk ke File> Open as Layers dan pilih file grafik foot print tersebut . Ini menempatkan Footprint pada layer baru yang dapat saya posisikan sesuai kebutuhan dengan menggunakan Move Tool. Seperti dengan layer background, saya harus mengubah nama layer untuk menetapkan waktu tampilan untuk framenya.    Dalam hal ini penulis telah memilih 750ms.
       Catatan: dalam Layers pelette, layer preview yang baru muncul untuk menunjukkan background hitam sekitar grafik, tetapi dalam kenyataannya daerah ini sebenarnya transparan.





Langkah 4,Set frame 3, 4 dan 5

Tiga frame berikutnya banyak lagi jejak kaki yang akan berjalan di banner. Ini dimasukkan dengan cara yang sama seperti frame dua, menggunakan grafis/ gambar yang sama dan grafis/ gambar lain untuk kaki yang lain. Seperti sebelum waktu ditetapkan sebagai 750ms untuk setiap frame.
Masing-masing layer Footprint memerlukan latar belakang putih sehingga hanya satu frame yang akan terlihat - saat ini masing-masing memiliki latar belakang transparan. kita bisa melakukan ini dengan membuat layer baru langsung di bawah layer Footprint, mengisi new layer dengan warna putih dan kemudian mengklik tepat pada layer Footprint dan klik Merge Down.




Langkah 5, Set frame 6
Frame ini hanya frame kosong yang diisi dengan warna putih yang akan memberikan tampilan footprint final menghilang sebelum frame akhir muncul. kita namakan layer ini Interval dan telah memilih kita set display ini hanya 250ms. Anda tidak perlu nama layer, tetapi bisa mempremudah pekerjaan kita





Langkah 6, Setting frame 7
Sebelum menyimpan animasi GIF, GIMP memiliki pilihan untuk melakukan preview dengan masuk ke Filter> Animation> Playback. Ini akan membuka dialog Preview dengan tombol self explainatory untuk memutar animasi.
Jika ada sesuatu yang tidak beres, dapat diubah pada  titik ini. Jika tidak dapat disimpan sebagai sebuah animasi GIF.


Langkah 7, Menyimpan animasi GIF
Menyimpan sebuah animasi GIF adalah latihan ke depan cukup lurus. Pertama pergi ke File> Save a Copy dan memberikan file nama yang relevan dan pilih di mana Anda ingin menyimpan file Anda. Sebelum menekan Save, klik Select File Type (Dengan Ekstensi) ke arah kiri bawah dan, dari daftar yang terbuka, pilih GIF image. Dalam dialog Export file yang terbuka, klik radio button Save as Animation dan klik tombol Export. Jika Anda mendapatkan peringatan tentang layer extending beyond the actual borders of the image, klik tombol Crop.


Comments

Popular posts from this blog

Komponen – komponen Storyboard

Pada umumnya penulisan storyboard dan storyline sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat :  • Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa  • Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa  • Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu) Dengan Storyboard tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat. Sehingga dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat atau tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera. Untuk itu terdapat kaidah yang harus ada dalam pembuatan storyboard. Format dan susunananya bisa disesuaikan oleh masing – masing storyboarder. Komponen – komponen penyusun storyboard yang harus ada pada template

Ciri – Ciri Citra Vektor

Citra Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik yang dibuat dalam persamaan matematika menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek. Adapun ciri – ciri dari citra vektor adalah sebagai berikut : Citra vektor terdiri susun dari persamaan matematika Grafik dengan type Vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva. Citra vektor tidak terlihat pecah saat diperbesar o    Kualitas hasil gambar dari type vektor tidak tergantung pada resolusi gambar. Ukuran file gambar relatif kecil o    Dalam penyimpanan file, type Vektor hanya memerlukan ruang penyimpan yang relative kecil Ukuran file gambar tidak tergantung pada resolusi komputer Teknik pewarnaan gradasi membutuhkankemampuan yang lebih agar menghasilkan gambar yang realistis.       Dari kedua gambar diatas, gambar a diperbesar sampai 7x (terlihat pada gambar b). Kualitas dan uku

Macam-macam garis dan Style Garis

Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat yaitu vertikal, horisontal, diagonal dan kurva o Vertikal  o Horizontal o Diagonal o Kurva Garis memiliki beberapa macam gaya atau style, antara lain : - Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh - Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang - Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang - Garis dash dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disusun bergantian - Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi - Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga mengesankan citra artistik.