Skip to main content

Teknik Cara Pembuatan Animasi Komputer


Ada banyak cara dan software yang mendukung untuk membuat aimasi komputer. Namun saat ini kita mulai dari yang paling dasar dan sederhana di mana hamper semua orang bisa membuatnya. Yaitu animasi GIF. Berikut ini adalah cara membuat animasi komputer secara sederhana menggunakan sebuah software freeware yaitu GIMP. Kita akan membuat sebuah animasi GIF. animasi GIF berada di balik banyak animasi sederhana yang akan Anda lihat di banyak halaman web dan, sementara mereka jauh kurang canggih dari animasi Flash, namun animasi GIF sangat mudah untuk dibuat oleh siapa saja dengan pemahaman dasar GIMP.
Langkah-langkah berikut menunjukkan Banner web animasi berukuran sederhana dengan menggunakan beberapa grafis dasar, beberapa teks dan logo.

Langkah 1, membuat dokumen baru

Dalam contoh ini, akan menggunakan GIMP untuk menghasilkan animasi GIF banner web yang sangat dasar. kita pilih template yang telah ditetapkan dari Web Banner 468x60 umum. Untuk animasi, Anda dapat memilih ukuran standar atau mengatur dimensi custom tergantung pada bagaimana Anda akan menggunakan animasi akhir Anda .



Langkah 2, Set  frame 1

Kita mulai animasi dengan ruang kosong sehingga kita tidak membuat perubahan apapun pada layer Background yang sebenarnya yang sudah putih polos.
          Namun kita perlu membuat perubahan ke nama layer di palet Layers. Klik kanan pada layer Background di palet dan pilih Edit Layer Atribut. Dalam dialog Edit Layer Atribut yang terbuka, kita tambahkan (250ms) di akhir nama layer. Ini mengatur jumlah waktu yang frame ini akan ditampilkan dalam animasi. Ms singkatan mili second dan setiap milidetik adalah seperseribu detik. Frame pertama ini akan menampilkan untuk seperempat detik.


Langkah 3, Set Frame 2

Saya ingin menggunakan grafis/ gambar foot print (nantinya anda bisa menggunakan grafik apapun)  untuk frame ini jadi kita masuk ke File> Open as Layers dan pilih file grafik foot print tersebut . Ini menempatkan Footprint pada layer baru yang dapat saya posisikan sesuai kebutuhan dengan menggunakan Move Tool. Seperti dengan layer background, saya harus mengubah nama layer untuk menetapkan waktu tampilan untuk framenya.    Dalam hal ini penulis telah memilih 750ms.
       Catatan: dalam Layers pelette, layer preview yang baru muncul untuk menunjukkan background hitam sekitar grafik, tetapi dalam kenyataannya daerah ini sebenarnya transparan.





Langkah 4,Set frame 3, 4 dan 5

Tiga frame berikutnya banyak lagi jejak kaki yang akan berjalan di banner. Ini dimasukkan dengan cara yang sama seperti frame dua, menggunakan grafis/ gambar yang sama dan grafis/ gambar lain untuk kaki yang lain. Seperti sebelum waktu ditetapkan sebagai 750ms untuk setiap frame.
Masing-masing layer Footprint memerlukan latar belakang putih sehingga hanya satu frame yang akan terlihat - saat ini masing-masing memiliki latar belakang transparan. kita bisa melakukan ini dengan membuat layer baru langsung di bawah layer Footprint, mengisi new layer dengan warna putih dan kemudian mengklik tepat pada layer Footprint dan klik Merge Down.




Langkah 5, Set frame 6
Frame ini hanya frame kosong yang diisi dengan warna putih yang akan memberikan tampilan footprint final menghilang sebelum frame akhir muncul. kita namakan layer ini Interval dan telah memilih kita set display ini hanya 250ms. Anda tidak perlu nama layer, tetapi bisa mempremudah pekerjaan kita





Langkah 6, Setting frame 7
Sebelum menyimpan animasi GIF, GIMP memiliki pilihan untuk melakukan preview dengan masuk ke Filter> Animation> Playback. Ini akan membuka dialog Preview dengan tombol self explainatory untuk memutar animasi.
Jika ada sesuatu yang tidak beres, dapat diubah pada  titik ini. Jika tidak dapat disimpan sebagai sebuah animasi GIF.


Langkah 7, Menyimpan animasi GIF
Menyimpan sebuah animasi GIF adalah latihan ke depan cukup lurus. Pertama pergi ke File> Save a Copy dan memberikan file nama yang relevan dan pilih di mana Anda ingin menyimpan file Anda. Sebelum menekan Save, klik Select File Type (Dengan Ekstensi) ke arah kiri bawah dan, dari daftar yang terbuka, pilih GIF image. Dalam dialog Export file yang terbuka, klik radio button Save as Animation dan klik tombol Export. Jika Anda mendapatkan peringatan tentang layer extending beyond the actual borders of the image, klik tombol Crop.


Comments

Popular posts from this blog

Klasifikasi Warna

Terdapat lima klasifikasi warna, yaitu warna primer, sekunder, intermediate, tersier dan kuarter. Masing-masing memiliki kelompok nama warna. 1) Warna primer Warna primer disebut juga warna pertama atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain. Disebut warna pokok karena warna tersebut dapat digunakan sebagai bahan pokok percampuran untuk memperoleh warna-warna yang lain. Nama-nama warna primer tersebut adalah :  Biru, nama warna sebenarnya adalah cyan, yaitu biru semu hijau  Merah, nama sebenarnya adalah magenta, yaitu merah semu ungu.  Kuning Dalam dunia percetakan, warna pokok bahan adalah cyan, magenta, kuning atau sering disingkat CMY. 2) Warna sekunder Warna sekunder atau disebut warna kedua adalah warna hasil percampuran dua warna primer  Jingga/oranye, merupakan warna hasil percampuran antara warna merah dan kuning  Ungu/violet, merupakan hasil percampuran warna merah dan biru  Hijau, adalah h...

Straight Ahead And Pose to Pose

Para animator menggunakan 2 pendekatan umum yang biasanya mereka pakai dalam menganimasikan, yaitu Straight Ahead dan Pose to Pose. Straight Ahead Yang pertama adalah Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan: kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja. Tetapi memiliki kekurangan: waktu pengerjaan yang lama. Straight ahead adalah metode dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Dimana gambar awal sampai dengan gambar akhir menunjukan satu rangkaian gerakan yang sangat jelas maksud dan tujuannya. Yang termasuk dalam prinsip ini adalah (dalam gerakan gambar inbetween/ gambar di antara 2 key pose) perubahan volume, ukuran, proporsi, bahkan juga bisa berupa gerakan yang lebih liar dan spontan. Pose to Pose Yang kedua adalah Pose to Pose, yaitu p...

Macam-macam garis dan Style Garis

Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat yaitu vertikal, horisontal, diagonal dan kurva o Vertikal  o Horizontal o Diagonal o Kurva Garis memiliki beberapa macam gaya atau style, antara lain : - Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh - Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang - Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang - Garis dash dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disusun bergantian - Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi - Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga mengesankan citra artistik.