Skip to main content

Perangkat Input


Assalamulaikum wr.wb

            Oke gan .. kali ini ane mau ngepost lagi tentang Teknologi computer ya kali ini ane mau ngebahas tentang Perangkat Input dan perangkat Output dalam sebuah computer .
            Perangkat input, Mungkin kalimat itu udah gak aneh lagi dizaman yang serba modern sekarang ini. Namun ada beberapa orang yang belum tau tentang itu, oke disini saya hanya akan sedikit ngebahas tentang Perangkat input dan jenis-jenisnya. Oke langsung aja yahhh… J

1.Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan data-data kekomputer dan memberikan perintah untuk digunakan pada proses yang lebih lanjut.
Jenis –Jenis Perangkat Input:

a.Keyboard

Hasil gambar untuk gambar keyboard komputer
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Tetapi yang Umum dipakai sekarang ini adalah Keyboard jenis QWERTY.

b.Mouse
Hasil gambar untuk gambar mouse komputer
Mouse adalah tikus :v ehh …. Mouse adalah salah unit masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

c.Touchpad
Hasil gambar untuk gambar touchpad laptop
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.


d.Light  Pen
Hasil gambar untuk gambar light pen komputer
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkansinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Joystick dan game paddle
Hasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddleHasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddle
            Joystick dan Game paddle adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan kita bermain permainan.
f.Barcode
Hasil gambar untuk gambar barcode komputer
            Barcode adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode yang berbentuk kotak atau garis-garis yang vertical dalam suatu produk.

g.Scanner
Hasil gambar untuk gambar scanner komputer
Scanner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsinya mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor sehingga kita dapat memodifikasinya terlebih dahulu dan dapat disimpan kembali.

h.Camera Digital
Hasil gambar untuk camera digital komputer
            Berfungsi untuk mengambil gambar. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

i.Microfon
Hasil gambar untuk gambar mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara.
j.Graphics Pads
Hasil gambar untuk grafic pad komputer
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. yang Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

k.WebCam
Hasil gambar untuk gambar webcam
            Webcam adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk mengambil gambar atau video secara langsung dari Komputer .


Sekian dulu tentang perangkat input yahhh ..

Semoga bermanfaat bagi agan-agan semua :v

Salam blogger tamvan :D

Wassalamualikum.wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Komponen – komponen Storyboard

Pada umumnya penulisan storyboard dan storyline sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat :  • Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa  • Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa  • Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu) Dengan Storyboard tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat. Sehingga dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat atau tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera. Untuk itu terdapat kaidah yang harus ada dalam pembuatan storyboard. Format dan susunananya bisa disesuaikan oleh masing – masing storyboarder. Komponen – komponen penyusun storyboard yang harus ada pada template

Pengertian dan cara kerja Masking

1. Pengertian Masking Mask merupakan fasilitas di flash yang mampu membuat objek gambar ditampilkan sesuai dengan objek shape yang kita kehendaki. Di samping motion tween, mask merupakan tehnik yang harus dikuasai. Karena di dalam pengembangannya nanti kita akan dapat membuat animasi yang menarik dari variasi mask. Masking adalah animasi yang menyembunyikan atau menutupi suatu objek dengan objek lain, sehinga objek yang menutupi terlihat transparan dan menyatu dengan objek yang ditutupi. Mask artinya adalah penutup mempunyai fungsi sesuai dengan namanya yaitu untuk menutupi suatu layer. Mask dapat diterapkan kepada suatu layer dan layer yang sudah dikenai mask bisa berfungsi untuk menutupi layer dibawahnya. Prinsip kerja dari Animasi Mask adalah menampilkan bidang yang tertutup dan menyenbunyikan bidang yang terbuka. Fungsi Masking dalam Animasi : sama seperti fungsi topeng dalam arti yang sebenarnya; digunakan untuk menutupi bagian-bagian objek yang ingin ditutupi dan hebatnya ya

Follow Through And Overlapping Action

Follow through adalah tentang bagian tubuh tertentu yang tetap bergerak meskipun seseorang telah berhenti bergerak. Misalnya, rambut yang tetap bergerak sesaat setelah berhenti berlari.   Konsep dari Follow Through Action adalah bahwa benda-benda yang saling berhubungan, tidak pernah bergerak bersamaan. Ketika ada 1 benda yang menjadi 'lead' (benda utama yang bergerak), maka semua benda-benda yang tersambung dengan benda 'lead' ini akan ikut bergerak tapi tidak secara bersamaan.  Overlapping action secara mudah bisa dianggap sebagai gerakan saling-silang. Maksudnya, adalah serangkaian gerakan yang saling mendahului (overlapping). Pergerakan tangan dan kaki ketika berjalan bisa termasuk didalamnya.