Skip to main content

Perangkat Input


Assalamulaikum wr.wb

            Oke gan .. kali ini ane mau ngepost lagi tentang Teknologi computer ya kali ini ane mau ngebahas tentang Perangkat Input dan perangkat Output dalam sebuah computer .
            Perangkat input, Mungkin kalimat itu udah gak aneh lagi dizaman yang serba modern sekarang ini. Namun ada beberapa orang yang belum tau tentang itu, oke disini saya hanya akan sedikit ngebahas tentang Perangkat input dan jenis-jenisnya. Oke langsung aja yahhh… J

1.Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan data-data kekomputer dan memberikan perintah untuk digunakan pada proses yang lebih lanjut.
Jenis –Jenis Perangkat Input:

a.Keyboard

Hasil gambar untuk gambar keyboard komputer
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Tetapi yang Umum dipakai sekarang ini adalah Keyboard jenis QWERTY.

b.Mouse
Hasil gambar untuk gambar mouse komputer
Mouse adalah tikus :v ehh …. Mouse adalah salah unit masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

c.Touchpad
Hasil gambar untuk gambar touchpad laptop
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.


d.Light  Pen
Hasil gambar untuk gambar light pen komputer
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkansinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Joystick dan game paddle
Hasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddleHasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddle
            Joystick dan Game paddle adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan kita bermain permainan.
f.Barcode
Hasil gambar untuk gambar barcode komputer
            Barcode adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode yang berbentuk kotak atau garis-garis yang vertical dalam suatu produk.

g.Scanner
Hasil gambar untuk gambar scanner komputer
Scanner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsinya mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor sehingga kita dapat memodifikasinya terlebih dahulu dan dapat disimpan kembali.

h.Camera Digital
Hasil gambar untuk camera digital komputer
            Berfungsi untuk mengambil gambar. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

i.Microfon
Hasil gambar untuk gambar mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara.
j.Graphics Pads
Hasil gambar untuk grafic pad komputer
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. yang Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

k.WebCam
Hasil gambar untuk gambar webcam
            Webcam adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk mengambil gambar atau video secara langsung dari Komputer .


Sekian dulu tentang perangkat input yahhh ..

Semoga bermanfaat bagi agan-agan semua :v

Salam blogger tamvan :D

Wassalamualikum.wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Komponen – komponen Storyboard

Pada umumnya penulisan storyboard dan storyline sering menjadi satu kesatuan yang saling mendukung terdiri dari beberapa adegan yang tersusun dan didalamnya terdapat :  • Bentuk adegan/potongan-potongan gambar sketsa  • Bentuk (alur cerita) untuk memperjelas gambar sketsa  • Bentuk dramatisasi (adegan yang berisi tentang adegan karakter tertentu) Dengan Storyboard tidak hanya akan mempercepat proses pembuatan film, tetapi juga untuk mewujudkan visi artistik produk Multimedia yang akan di buat. Sehingga dengan mengacu pada rencana shooting dalam storyboard para pemain dan kru dapat mengerjakan tugas mereka masing-masing dengan cepat atau tepat. Storyboard secara gamblang memberikan tata letak visual dari adegan seperti yang terlihat melalui lensa kamera. Untuk itu terdapat kaidah yang harus ada dalam pembuatan storyboard. Format dan susunananya bisa disesuaikan oleh masing – masing storyboarder. Komponen – komponen penyusun storyboard yang harus ada pada template

Ciri – Ciri Citra Vektor

Citra Vektor terdiri dari penggabungan koordinat-koordinat titik yang dibuat dalam persamaan matematika menjadi garis atau kurva untuk kemudian menjadi sebuah objek. Adapun ciri – ciri dari citra vektor adalah sebagai berikut : Citra vektor terdiri susun dari persamaan matematika Grafik dengan type Vektor merupakan gambar yang dibentuk oleh objek berupa garis dan kurva. Citra vektor tidak terlihat pecah saat diperbesar o    Kualitas hasil gambar dari type vektor tidak tergantung pada resolusi gambar. Ukuran file gambar relatif kecil o    Dalam penyimpanan file, type Vektor hanya memerlukan ruang penyimpan yang relative kecil Ukuran file gambar tidak tergantung pada resolusi komputer Teknik pewarnaan gradasi membutuhkankemampuan yang lebih agar menghasilkan gambar yang realistis.       Dari kedua gambar diatas, gambar a diperbesar sampai 7x (terlihat pada gambar b). Kualitas dan uku

Macam-macam garis dan Style Garis

Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat yaitu vertikal, horisontal, diagonal dan kurva o Vertikal  o Horizontal o Diagonal o Kurva Garis memiliki beberapa macam gaya atau style, antara lain : - Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh - Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang - Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang - Garis dash dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disusun bergantian - Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi - Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga mengesankan citra artistik.