Skip to main content

Perangkat Input


Assalamulaikum wr.wb

            Oke gan .. kali ini ane mau ngepost lagi tentang Teknologi computer ya kali ini ane mau ngebahas tentang Perangkat Input dan perangkat Output dalam sebuah computer .
            Perangkat input, Mungkin kalimat itu udah gak aneh lagi dizaman yang serba modern sekarang ini. Namun ada beberapa orang yang belum tau tentang itu, oke disini saya hanya akan sedikit ngebahas tentang Perangkat input dan jenis-jenisnya. Oke langsung aja yahhh… J

1.Perangkat input
Perangkat input adalah perangkat masukan yang berfungsi untuk memasukan data-data kekomputer dan memberikan perintah untuk digunakan pada proses yang lebih lanjut.
Jenis –Jenis Perangkat Input:

a.Keyboard

Hasil gambar untuk gambar keyboard komputer
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Tetapi yang Umum dipakai sekarang ini adalah Keyboard jenis QWERTY.

b.Mouse
Hasil gambar untuk gambar mouse komputer
Mouse adalah tikus :v ehh …. Mouse adalah salah unit masukan yang berfungsi untuk perpindahan pointer atau kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface).

c.Touchpad
Hasil gambar untuk gambar touchpad laptop
Unit masukan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti mouse.


d.Light  Pen
Hasil gambar untuk gambar light pen komputer
Light pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk modifikasi dan mendesain gambar dengan screen (monitor). Light pen memiliki sensor yang dapat mengirimkansinyal cahaya ke komputer yang kemudian direkam, dimana layar monitor bekerja dengan merekam enam sinyal elektronik setiap baris per detik.

e.Joystick dan game paddle
Hasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddleHasil gambar untuk gambar joystcik dan game paddle
            Joystick dan Game paddle adalah sebuah perangkat lunak yang digunakan untuk memudahkan kita bermain permainan.
f.Barcode
Hasil gambar untuk gambar barcode komputer
            Barcode adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk menerjemahkan kode-kode yang berbentuk kotak atau garis-garis yang vertical dalam suatu produk.

g.Scanner
Hasil gambar untuk gambar scanner komputer
Scanner adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsinya mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor sehingga kita dapat memodifikasinya terlebih dahulu dan dapat disimpan kembali.

h.Camera Digital
Hasil gambar untuk camera digital komputer
            Berfungsi untuk mengambil gambar. Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke komputer.

i.Microfon
Hasil gambar untuk gambar mikrofon
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara yang akan disimpan dalam memori computer atau untuk mendengarkan suara.
j.Graphics Pads
Hasil gambar untuk grafic pad komputer
Teknologi Computer Aided Design (CAD) dapat membuat rancangan bangunan, rumah, mesin mobil, dan pesawat dengan menggunakan Graphics Pads. yang Graphics pads ini merupakan input masukan untuk menggambar objek pada monitor.

k.WebCam
Hasil gambar untuk gambar webcam
            Webcam adalah salah satu perangkat input yang berfungsi untuk mengambil gambar atau video secara langsung dari Komputer .


Sekian dulu tentang perangkat input yahhh ..

Semoga bermanfaat bagi agan-agan semua :v

Salam blogger tamvan :D

Wassalamualikum.wr.wb

Comments

Popular posts from this blog

Klasifikasi Warna

Terdapat lima klasifikasi warna, yaitu warna primer, sekunder, intermediate, tersier dan kuarter. Masing-masing memiliki kelompok nama warna. 1) Warna primer Warna primer disebut juga warna pertama atau warna pokok. Disebut warna primer karena warna tersebut tidak dapat dibentuk dari warna lain. Disebut warna pokok karena warna tersebut dapat digunakan sebagai bahan pokok percampuran untuk memperoleh warna-warna yang lain. Nama-nama warna primer tersebut adalah :  Biru, nama warna sebenarnya adalah cyan, yaitu biru semu hijau  Merah, nama sebenarnya adalah magenta, yaitu merah semu ungu.  Kuning Dalam dunia percetakan, warna pokok bahan adalah cyan, magenta, kuning atau sering disingkat CMY. 2) Warna sekunder Warna sekunder atau disebut warna kedua adalah warna hasil percampuran dua warna primer  Jingga/oranye, merupakan warna hasil percampuran antara warna merah dan kuning  Ungu/violet, merupakan hasil percampuran warna merah dan biru  Hijau, adalah h...

Macam-macam garis dan Style Garis

Garis dalam desain grafis dibagi menjadi empat yaitu vertikal, horisontal, diagonal dan kurva o Vertikal  o Horizontal o Diagonal o Kurva Garis memiliki beberapa macam gaya atau style, antara lain : - Garis lurus, yaitu garis tanpa jeda, penuh - Garis dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dot yang tersusun memanjang - Garis dash, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash yang tersusun memanjang - Garis dash dot, yaitu garis yang terbentuk dari rangkaian dash dan dot yang disusun bergantian - Garis kaligrafi, yaitu garis yang terbentuk dari kuas kaligrafi - Garis artistik, yaitu garis yang dibuat secara khusus, tidak terikat pada konvensi yang berlaku, sehingga mengesankan citra artistik.

Straight Ahead And Pose to Pose

Para animator menggunakan 2 pendekatan umum yang biasanya mereka pakai dalam menganimasikan, yaitu Straight Ahead dan Pose to Pose. Straight Ahead Yang pertama adalah Straight Ahead Action, yaitu membuat animasi dengan cara seorang animator menggambar satu per satu, frame by frame, dari awal sampai selesai seorang diri. Teknik ini memiliki kelebihan: kualitas gambar yang konsisten karena dikerjakan oleh satu orang saja. Tetapi memiliki kekurangan: waktu pengerjaan yang lama. Straight ahead adalah metode dengan menggambar secara berurutan, dari gambar pertama, kedua, ketiga, dan seterusnya. Dimana gambar awal sampai dengan gambar akhir menunjukan satu rangkaian gerakan yang sangat jelas maksud dan tujuannya. Yang termasuk dalam prinsip ini adalah (dalam gerakan gambar inbetween/ gambar di antara 2 key pose) perubahan volume, ukuran, proporsi, bahkan juga bisa berupa gerakan yang lebih liar dan spontan. Pose to Pose Yang kedua adalah Pose to Pose, yaitu p...